Yuk Kenalan dengan 4 Jenis Bawang Bombay Ini dan Beragam Kegunaannya

Dalam beberapa hidangan Indonesia, diantaranya memang ada yang menggunakan bawang Bombay sebagai bumbu untuk menambah cita rasanya. Bawang yang satu ini tentunya bukan hal yang asing bagi Anda bukan. Karena meskipun bukan termasuk bumbu dapur khas Indonesia, namun faktanya bawang bombay bisa dengan mudah dijumpai di pasaran. Ia mampu untuk menambah cita rasa dari masakan jadi semakin nikmat. Bahkan tak jarang beberapa olahan bawang bombay secara langsung untuk cemilan, seperti onions ring.

Jenis-Jenis Bawang Bombay

Patut untuk diketahui bahwa bawang bombay ini sendiri tak hanya ada satu jenis, melainkan 4, berikut ini diantaranya yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Bawang bombay kuning atau cokelat, jenis yang paling sering ditemukan di Indonesia adalah bawang bombay cokelat ini. ia juga paling sering dipakai dalam beragam jenis masakan. Hanya saja memang lebih cocok dipakai untuk masakan yang memang butuh waktu memasak lama. Karena semakin lama dimasak rasanya akan kian nikmat.
  2. Bawang bombay putih, jenis yang satu ini memang memiliki daging yang berwarna putih. Diantara ciri khasnya adalah memiliki aroma yang lebih kuat atau tajam dibandingkan yang lain. Sedangkan dari segi teksturnya sendiri lebih garing atau tipis. Paling cocok digunakan untuk masakan dengan cita rasa atau aroma kuat.
  3. Bawang bombay manis, seperti namanya ciri khas jenis bawang bombay yang satu ini memang punya rasa yang manis. Ia memiliki bentuk yang gepeng, meskipun aromanya tidak tajam, namun dari segi rasa jenis yang satu ini memang tergolong lebih manis. Jadi sangat cocok digunakan untuk hidangan mentah layaknya salad.
  4. Bawang bombay merah, ada juga jenis bawang bombay dengan warna merah. Untuk aroma dan rasa bawang bombay merah cenderung lebih lembut. Sehingga membuatnya banyak digunakan untuk campuran salad, burger maupun pizza.

Tips Mengolah Bawang Bombay

Dalam membuat hidangan dengan menggunakan bawang bombay ini, maka ada beberapa hal yang patut diperhatikan, sehingga nantinya bisa menciptakan cita rasa masakan yang kian nikmat, yaitu:

  1. Masukkan di awal sebagai bumbu tumisan, jika Anda ingin membuat tumisan dengan bawang bombay, maka ia dapat dimasukkan diawal untuk mengeluarkan aromanya. Selain itu jenis bawang ini juga lebih lama matang dibandingkan bawang lain, jadi harus di tumis di awal.
  2. Sebagai campuran salah maka pilihlah bawang bombay dengan cita rasa manis dan aroma tidak terlalu kuat. Karena banyak orang yang tidak menyukai rasa terlalu kuat pada bawang bombay yang dimakan mentah, ini akan menutup rasa dari sayur maupun buah lainnya.
  3. Dalam membuat menggunakan bawang bombay untuk onions ring, maka sebaiknya potongan tidak terlalu kecil, karena ketika terkena panas nantinya bawang bombay akan menyusut ukurannya jadi semakin kecil, jadi jika potongan terlalu kecil, maka hanya tepung yang akan Anda rasakan.

Beli Bawang Bombay Segar di TaniHub

Belanja bumbu dapur, termasuk bawang bombay yang masih segar sekarang ini bisa kian mudah, yaitu lewat aplikasi TaniHub. Cara berbelanja disini juga terbilang mudah dan cocok untuk Anda yang sibuk. Diantaranya adalah dengan mendownload aplikasinya lewat Play store maupun Appstore, setelah itu daftarkan diri Anda dan mulai berbelanja. Banyak pilihan metode pembayaran yang nantinya akan mempermudah transaksinya. Pengirimannya sendiri juga super cepat, sehingga dapat menjamin bahan-bahan makanan yang Anda beli sampai ke rumah dalam kondisi masih segar.