Sejarah Fintech di Indonesia

Fintech tentu saja sudah sangat menjamur penggunaannya di seluruh dunia. Salah satunya adalah Fintech Indonesia yang memiliki banyak pilihan produk, terutama fintech konvensional dan Syariah. Berikut ini akan dijelaskan pula bagaimana awal mula fintech tersebut dapat lahir di Indonesia yang dan memudahkan aktivitas keuangan Indonesia.

Sejarah Fintech di Indonesia

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa fintech telah menjamur secara luas di Indonesia dan memiliki banyak jenis produk. Diantaranya tentu saja ovo, go – pay, shopee – pay, dana, dan berbagai fintech lainnya. Namun, apakah anda tidak penasaran tentang sejarah fintech tersebut di Indonesia? Berikut ini adalah penjelasan mengenai sejarah fintech di Indonesia.

1) Awal Masuk ke Indonesia

Sejarah Fintech di Indonesia di awali dengan masuknya produk fintech pada tahun 2006 ke Indonesia. Namun, produk fintech oleh perusahaan fintech pertama kurang mendapatkan kredibilitas hingga lahirlah dukungan berupa Asosiasi Fintech Indonesia (AFI) pada tahun 2015 yang membuat fintech semakin diakui dan dipercaya penggunaannya oleh masyarakat.

2) Efek Dari Kemunculan Asosiasi Fintech Indonesia (AFI)

Bukan hanya membuat penggunaan fintech kiat mendapatkan kredibilitas tinggi, tetapi juga angka penggunaan fintech kiat bertambah semenjak asosiasi ini lahir pada tahun 2015. Hal tersebut kiat mencatat perkembangan Fintech di Indonesia bertumbuh hingga 80%. Dengan angka tersbeut, tentu saja banyak pengelolaan keuangan yang cukup terbantu dan mempermudah aktivitas keuangan di Indonesia.

3) Perkembangan Fintech Indonesia hingga Sekarang

Perkembangan fintech Indonesia hingga sekarang tentu saja tidak perlu diragukan sama sekali sebab telah teruji memiliki berbagai produk. Adapun produk – produk yang telah digunakan dan telah terdaftar pada OJK kiat membantu pengelolaan keuangan dan aktivitas keuangan Indonesia menjadi lebih baik lagi. Contoh – contoh fintech tersebut antara lain ovo, dana, go – pay, dan shopee – pay, serta fintech lainnya.

Sejarah fintech di Indonesia tentu saja sudah cukup lama dan cukup mempengaruhi peradaban di Indonesia. Bahkan, dengan lahirnya berbagai fintech tersebut peredaran uang tunai berkurang dan kiat menumbuhkan perekonomian Indonesia!^^