Metronidazole: Deskripsi Singkat

Metronidazole adalah antibiotik yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis infeksi bakteri, termasuk giardia dan trikomoniasis. Ini digunakan secara oral dengan efek samping yang umum termasuk mual, muntah, diare dan sakit kepala. Metronidazole bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri dan parasit.

Metronidazole juga digunakan untuk mengobati infeksi akibat bakteri atau parasit di sistem reproduksi, saluran pencernaan, kulit, jantung, tulang, sendi, paru-paru, darah, sistem saraf dan daerah tubuh lainnya. Obat ini juga berguna untuk mengobati vaginosis bakterialis pada wanita.

Metronidazole dikenal karena efisiensinya yang tinggi, karena dapat digunakan untuk mengobati trikomoniasis dan vaginosis bakteri. Ini juga dapat membantu pengobatan PID jika pasien menggunakan alat kontrasepsi juga.

Metronidazole paling sering digunakan untuk mengobati trikomoniasis, infeksi menular seksual (IMS) yang dapat mempengaruhi pria dan wanita dan menyebabkan:

  • cairan vagina atau penis yang mungkin berbau tidak sedap
  • rasa sakit atau ketidaknyamanan saat buang air kecil
  • gatal di sekitar vagina atau penis.

Metronidazole juga dapat digunakan untuk mengobati vaginosis bakteri (BV) dengan sukses. Biasanya infeksi ini menyebabkan gejala berikut:

  • keputihan kental, putih atau abu-abu
  • bau ikan yang kuat
  • terbakar saat buang air kecil dan/atau berhubungan seks.

Selain digunakan untuk mengobati BV, Metronidazole dapat dikonsumsi oleh wanita yang memiliki alat kontrasepsi (IUD) seperti Mirena® atau Skyla®, karena membantu mereka mencegah PID karena peningkatan bakteri apa pun.

Metronidazole juga sering diresepkan untuk membantu penyakit radang panggul (PID) yang merupakan infeksi pada sistem reproduksi bagian atas wanita. PID mencegah seorang wanita untuk bisa hamil dan menghasilkan susu. Ini juga dapat menyebabkan infertilitas, kehamilan ektopik atau nyeri panggul kronis.

Metronidazole juga bermanfaat bagi pasien HIV/AIDS, karena kemampuannya untuk mencegah mereka mengembangkan infeksi lain.

Dosis Metronidazole dan Tindakan Pencegahan Keamanan

Wanita yang menggunakan Metronidazole untuk trikomoniasis atau vaginosis bakterial harus mengikuti jadwal pemberian dosis yang tercantum pada label resep mereka. Pasien disarankan untuk tidak mengunyah, menghancurkan atau membuka pil karena dapat melepaskan bahan-bahannya terlalu cepat ke dalam tubuh.

Wanita hamil atau ibu menyusui harus berbicara dengan penyedia layanan kesehatan mereka sebelum mengambil Metronidazole. Pasien yang alergi terhadap Metronidazole dan obat lain yang mengandung bahan aktif yang sama (Metronidazole) harus menghindari penggunaannya.

Harga Metronidazole

Metronidazole banyak dijual di pasaran termasuk di apotek online maupun offline. Harga Metronidazole untuk keputihan di apotik bervariasi tergantung pada merk apa yang Anda beli. Untuk merk generik, harga jauh lebih murah dibandingkan dengan merk paten.