Jenis Olahraga Untuk Usia 60 Tahun Yang Aman Dilakukan!

 

Bagi para orang tua usia 60 tahun namun tetap harus melakukan olah raga agar tubuh tetap fit. Meski mungkin agak susah dilakukan karena faktor usia dan menurunnya kekuatan fisik, bisa memilih jenis olahraga untuk usia 60 tahun yang aman dilakukan.

Ada beberapa pilihan olahraga untuk usia lanjut, yang terbukti aman dan juga mudah dilakukan saat ini. Mengingat pentingnya olahraga untuk kesehatan, berikut beberapa jenis olahraga untuk para lansia yang aman dilakukan terutama untuk usia 60 tahunan keatas.

1. Jogging

Olahraga lari tentu tidak cocok untuk para lansia terutama di usia 60 tahunan. Maka dari itu, bisa memilih olahraga yang ringan yaitu jogging. Para orang tua bisa membeli jogging di sekitar kompleks dengan waktu minimal 30 menit.

2. Senam

Olahraga untuk usia 60 tahun lainnya yang bisa dicoba adalah senam. Tentu saja senam yang dilakukan adalah senam ringan yang cocok untuk lansia. Jika malas untuk melakukan senam sendiri, para orang tua bisa mengikuti komunitas senam lansia. Biasanya komunitas ini bisa ditemukan di RT atau RW setempat. Melakukan senam bagi lansia bisa mengurangi resiko tekanan darah tinggi hingga diabetes.

3. Peregangan Betis

Para orang tua, Anda juga bisa memilih olahraga yang aman untuk dilakukan di usia senja yaitu peregangan betis. Olahraga ini cocok sekali bagi yang sering mengeluh bagian kaki kurang kuat untuk berjalan atau berlari. Peregangan betis dimaksudkan untuk meningkatkan kekuatan otot kaki dan memperkuat tubuh bagian bawah.

4. Yoga

Latihan yoga tidak hanya memperkuat kekuatan fisik tapi juga mental. Yoga membantu memperkuat tulang dan sendi lebih luas dan merupakan pilihan olahraga yang bagus karena tidak perlu peralatan khusus. Olahraga yoga bisa dilakukan dimana saja, bahkan bagi yang sudah berada di kursi roda sekalipun.

Olahraga yoga untuk lansia berguna untuk meningkatkan kekuatan tulang dan menopang berat badan. Selain itu bagus juga untuk menjaga kesehatan mental karena bisa menenangkan fisik dan pikiran.

Sekarang tentu anda sudah tahu ada berbagai pilihan olahraga untuk usia 60 tahun keatas. Beberapa pilihan olahraga di atas, tentu sangat aman untuk dipraktekkan. Namun sebelumnya, ketahui dulu kondisi fisik saat akan olahraga. Jika kondisi kesehatan sedang menurun sebaiknya jangan melakukan olahraga sampai tubuh benar-benar bugar kembali.