Hamil 14 Minggu dan Hal Penting yang Wajib Kamu Ketahui

Jika anda sedang hamil 14 minggu berarti usia kehamilan sudah memasuki ke trimester kedua dan mungkin anda akan mulai merasa nyaman dengan kehamilan. Hal itu disebabkan pada usia kehamilan ini biasanya anda tidak akan lagi merasakan morning sickness. Selain itu, perkembangan janin di usia ini juga semakin berkembang yang mana usia janin sudah mencapai sebesar buah lemon. Adapun panjang janin diukur dari kepala sampai dengan kaki yaitu panjangnya sekitar 9 cm. Sedangkan berat pada usia ini, janin tersebut memiliki berat mencapai 45 gram dan sudah mulai tumbuh bulu-bulu halus di wajah.

Perkembangan umum yang terjadi pada usia kehamilan ini juga alat kelamin sudah sepenuhnya berkembang namun masih sulit dideteksi dengan menggunakan USG sehingga para ibu belum bisa mengetahui jenis kelamin si kecil secara pasti. Selain itu, kelenjar tiroid si kecil juga sudah tumbuh dan janin sudah memproduksi hormon tiroid. Adapun organ lain yang ada pada janin juga sudah mulai tumbuh dan mampu memproduksi urin. Akan tetapi pada usia kandungan ini ginjal belum bisa berfungsi dengan sempurna. Oleh karena itu, penting bagi anda mengetahui hal-hal penting pada usia kandungan ini sehingga anda bisa menjaga janin anda dengan baik di rahim.

Perkembangan umum hamil 14 minggu

Ada beberapa hal penting yang wajib anda ketahui pada janin diusia kehamilan 14 minggu. Beberapa hal yang dimaksud adalah bahwa bentuk kepala janin pada usia 14 minggu sudah lebih bulat dan proporsional dengan bagian tubuh lainnya. Selain itu, pada janin jua sudah banyak bergerak namun ukuran tubuh masih sangat kecil sehingga para ibu belum bisa merasakan gerakan si kecil. Selain itu, janin juga sudah bisa menelan cairan ketuban dalam jumlah yang sangat kecil dan ginjal bisa bekerja untuk mengembalikannya menjadi urin. Selain itu, ada juga perubahan pada tubuh ibu yang mana ibu hamil juga mengalami banyak perubahan sehingga orang hamil akan lebih mudah dikenali saat usia 14 minggu.

Hal-hal yang dialami ibu hamil 14 minggu

Seorang ibu hamil di usia 14 minggu biasanya mengalami beberapa hal. Hal-hal yang dialami oleh ibu saat usia kehamilan mencapai 14 minggu adalah sebagai berikut.

  1. Merasa lebih gelisah

Biasanya ibu-ibu diusia kehamilan 14 minggu sudah merasa lebih gelisah. Meskipun di usia ini resiko keguguran sudah jauh lebih rendah. Akan tetapi sebagian besar ibu hamil akan merasa gelisah dan kegelisahan tersebut muncul disebabkan karena proses kelahiran anak. Banyaknya pikiran-pikiran  tersebut menyebabkan kesehatan mental selama kehamilan dan sebaiknya anda perlu berkonsultasi dengan psikolog ataupun psikiater agar tidak semakin memburuk setelah melahirkan.

  1. Asi mulai menetas

Hal lainnya yang sering dialami ibu hamil 14 minggu yaitu asi yang mulai merembes. Memang tidak semua ibu hamil mengalami rembesan ini akan tetapi jika pada anda maka anda bisa mencegahnya dengan menggunakan breast pad atau bantalan payudara.

  1. Sakit perut

Sakit perut juga menjadi indikasi jika usia kehamilan anda sudah mencapai 14 minggu. Pada umumnya ibu hamil akan merasakan nyeri pada kedua sisi perut terutama saat sedang bergerak. Akan tetapi, anda tidak perlu khawatir karena sakit perut ini disebut nyeri ligamen karena ukuran rahim yang sedang membesar sebagai tempat tinggal janin.

  1. Gairah seks meningkat

Adapun hal penting lainnya yang perlu anda ketahui diusia kehamilan 14 minggu adalah gairah seks meningkat.  Hal ini sangat berbeda pada saat fase trimester pertama yang mengalami penurunan gairah seks. Hal itu disebabkan karena janin usia 14 minggu sudah membuat ibu merasa lebih nyaman. Ketika ibu nyaman dan jarang mengalami muntah dan mual maka aliran darah pada panggul juga akan meningkat. Hal inilah yang akan mengakibatkan gairah dan hormon seks meningkat. Selain itu, ibu juga sudah bisa lebih menikmati berhubungan intim ketika hamil karena perut belum terlalu besar.

Panduan kesehatan hamil 14 minggu

Setelah anda mengetahui perkembangan janin dan perkembangan yang ibu alami maka seorang ibu juga perlu memahami perawatan hamil 14 minggu. Pada usia ini, janin bisa tumbuh dan berkembang secara maksimal. Dengan kata lain, perawatan usia 14 minggu ini juga akan berbeda dengan minggu-minggu sebelumnya. Hal yang paling kentara di usia ini adalah para ibu akan membutuhkan lebih banyak nutrisi tertentu jika dibandingkan dengan minggu-minggu sebelumnya. Oleh karena itu, penting bagi ibu mengetahui panduan kesehatan kehamilan di usia 14 minggu. Berikut ini panduannya.

  1. Banyak bergerak

Langkah awal untuk menjaga kesehatan janin adalah dengan banyak bergerak. Ibu di usia 14 minggu memang perlu banyak bergerak demi perkembangan janin yang lebih baik. Untuk melaksanakan gerak anda bisa melakukan jalan santai selama 15 menit ketika pagi hari. Ketika anda ingin bergerak sore atau malam maka cobalah untuk melaksanakan prenatal yoga yang mana akan lebih baik jika ibu berolahraga bersama teman.

  1. Mengkonsumsi makanan yang tepat

Selain itu, anda juga perlu mengkonsumsi makanan yang tepat pada ibu hamil. Ada beberapa daftar makanan yang wajib dikonsumsi ketika ibu sedang hamil khususnya di usia kandungan 14 bulan. Beberapa diantaranya adalah ikan yang mengandung protein dan asam lemak tinggi seperti ikan salmon, biji-bijian, sumber makanan mengandung asam amino tinggi seperti telur, kacang-kacangan, buah ceri, dan yoghurt rendah lemak. Selain itu, para ahli gizi juga merekomendasikan kepada ibu hamil untuk mengkonsumsi telur ayam kampung karena menjadi sumber protein yang baik dan alami.

  1. Tidak berendam air yang cenderung panas atau terlalu sering

Pada usia kandungan 14 minggu mungkin banyak ibu yang bersantai dengan merendam dengan air hangat. Jika anda hobi melakukan ini maka sebaiknya ditinggalkan ketika usia kehamilan anda 14 minggu. Hal itu disebabkan karena berendam air panas lebih dari 10 menit bisa menaikkan suhu tubuh lebih dari 39 derajat celcius. Tingginya suhu tubuh bisa menyebabkan beberapa masalah seperti hipotensi, meningkatkan risiko keguguran, pusing dan merasa lebih atau lemah dan risiko cacat lahir.

  1. Kontrol kehamilan secara rutin

Adapun panduan terakhir untuk menjaga kandungan usia 14 minggu adalah dengan pergi kontrol kehamilan secara rutin setidaknya sebulan sekali. Hal itu disebabkan karena dokter akan memberikan vitamin, zat besi, dan asam folat untuk membantu pertumbuhan janin didalam kandungan.

Itulah beberapa informasi terkait hamil 14 minggu yang wajib para ibu ketahui. Penting juga untuk anda ketahui bahwa mengkonsumsi obat dan vitamin yang diresepkan sesuai aturan juga perlu karena mengkonsumsi suplemen zat besi satu tablet per hari bisa membuat janin lebih kuat. Selain itu, mengkonsumsi zat besi itu juga penting terlebih jika anda terkena anemia yang mana bisa memiliki resiko perdarahan yang membahayakan ibu dan janin.

Deskripsi: hamil 14 minggu merupakan kehamilan di awal trimester kedua yang mana para ibu tentunya akan memiliki perubahan secara fisik dan juga perkembangan baik pada janin.