DeFi adalah Apa? Simak Definisi Serta Perbedaanya dengan CeFi

Istilah DeFi sering terdengar akhir-akhir ini, DeFi adalah keuangan terdesentralisasi yang tidak sama dengan keuangan tradisional. Sistem keuangan terpusat atau CeFi dengan DeFi memiliki perbedaan dalam beberapa hal yang akan diulas, sebagai berikut.

Definisi DeFi

Apa itu DeFi, singkatan Decentralized Finance yang menawarkan sistem berbanding terbalik dengan keuangan konvensional. Karena sistem keuangan terbuka ini beroperasi menggunakan teknologi smart contact.

DeFi beroperasi di atas blockchain Ethereum, salah satu mata uang kripto yang kapitalisasi pasarnya menduduki posisi kedua setelah Bitcoin. Karena tidak membutuhkan perantara, maka penggunanya bisa mengelola dana secara mandiri, karena memiliki private key.

Definisi CeFi

Centralized Finance (CeFi) adalah sistem yang seluruh kebijakannya dari satu pihak pusat. Tujuan sistem ini yaitu membangun perdagangan adil yang sesuai kebijakan bursa pusat.

CeFi merupakan sistem keuangan yang hampir seluruh negara menggunakannya, karena sistemnya terpusat. Negara memiliki lembaga yang bertugas mencetak maupun mengatur mata uang melalui bank.

Kelebihan DeFi

Keunggulan dari sistem ini yaitu memiliki aksesibilitas dan privasi, sehingga orang yang memiliki wallet kripto bisa memakai platform DeFi. Platform ini bisa digunakan kapan dan dimanapun, tanpa perlu mengungkapkan informasi pribadi.

Transparansi DeFi tinggi, karena datanya tersedia secara umum, dan siapapun bisa mengaksesnya. Dalam hal otonomi, DeFi tidak memiliki regulasi terpusat yang memiliki kekuasaan terhadap aset serta transaksi.

Keamanan DeFi jauh lebih tinggi dibandingkan CeFi, terdapat varian metode kriptografi yang menjadikan data pengguna tersebar beberapa node. Hal ini membuatnya sulit untuk diretas.

Kelebihan CeFi

CeFi memiliki pertukaran terpusat yang memungkinkan perdagangan berjalan adil, karena pesanan pembelian maupun penjualan melalui pertukaran pusat. Berada di bawah otoritas CeFi menjadikan pengguna lebih mudah mempercayai institusi keuangan pusat yang mengelola dana nasabah.

Pihak ini juga yang memastikan platform tetap beroperasi, berkaitan dengan sistem regulasi CeFi diatur oleh bank sentral.

Kekurangan DeFi dan CeFi

Karena CeFi memerlukan pihak ketiga dalam sistemnya, maka banyak biaya transaksi maupun administrasi yang perlu dikeluarkan. Sementara, kekurangan dalam sistem DeFi terletak pada kompleksitas protokol smart contact.

Risiko DeFi

Di balik sejumlah kelebihannya DeFi menyimpan risiko seperti protokol kontrak cerdas yang diincar hacker. Protocol smart merupakan open source, saat DeFi memiliki aset yang jumlahnya besar.

Hal ini menarik hacker untuk mencuri aset dengan membobol kontrak cerdas. Kedua, jika protokol DeFi tidak teraudit bisa menyebabkan kemungkinan penyalahgunaan dana yang tersimpan secara tidak transparan.

DeFi scam terjadi pada YFDX Finance merupakan contoh pencurian oleh developer, dana yang dicuri lebih dari 20 juta dollar. Selain itu, proyek DeFi masih belum sepenuhnya memperoleh legalitas dari pengawas keuangan negara-negara di penjuru dunia.

Regulasi saat ini mengenai cryptocurrency adalah kekayaan digital, bukan berperan sebagai alat pembayaran. Kini, posisi DeFi di Indonesia belum jelas termasuk posisi apa dan status hukumnya belum legal.

Fenomena Kripto di Indonesia

Terkait pembahasan sebelumnya, DeFi adalah keuangan terdesentralisasi yang berkaitan dengan kripto. Hukum mengenai aset kripto telah dikeluarkan Kemendag lewat peraturan Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) aset kripto.

Peraturan itu sudah terbit dan berlaku sejak 17 Desember 2020. Namun, Bank Indonesia mengungkapkan bahwa mata uang kripto tidak diakui sebagai alat pembayaran.

DeFi adalah sistem keuangan yang tidak membutuhkan pihak ketiga dalam pengoperasiannya. Sistem ini terkait kripto, yang masih pro dan kontra di Indonesia, ada yang mengatakan investasi kripto risikonya sangat tinggi.

Oleh karena itu untuk meminimalisir resiko, ada baiknya untuk mempelajari nya. Download Coinomo di Play Store dan juga bisa Download Coinimo di App Store.