4 Kota Destinasi Wisata Ramah Difabel di Indonesia

Indonesia memang dikenal sebagai salah satu negara yang kaya dengan destinasi wisata, terutama wisata alamnya. Di Indonesia sendiri sudah mulai digalakkan fasilitas wisata ramah difabel yang diperuntukkan bagi teman-teman yang memiliki keterbatasan fisik.

Fasilitas ini hadir di tempat-tempat wisata untuk memudahkan penyandang disabilitas, sehingga mereka bisa menikmati liburan dengan nyaman dan aman. Agar kamu tahu kota tujuan wisata mana saja yang memiliki fasilitas ramah untuk penyandang disabilitas, simak ulasan berikut ini, yuk!

4 Kota Destinasi Wisata Ramah Difabel di Indonesia

1. Yogyakarta

Yogyakarta merupakan salah satu tujuan wisata wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Yogyakarta memiliki banyak destinasi wisata mulai dari wisata alam, budaya, kuliner, hingga wisata edukasi.

Beberapa waktu lalu, nama provinsi istimewa ini juga sempat naik daun karena digadang-gadang sebagai kota inklusif di Indonesia. Salah satu alasannya karena Yogyakarta berhasil menjadi destinasi wisata yang ramah untuk para penyandang difabel.

Berbagai tempat publik dan lokasi wisata di Yogyakarta sudah dilengkapi dengan fasilitas yang ramah untuk teman-teman yang memiliki keterbatasan fisik. Fasilitas tersebut antara lain guiding block, ramp, loket tiket khusus difabel, dan berbagai fasilitas lainnya.

Beberapa lokasi wisata di Yogyakarta yang sudah dilengkapi fasilitas untuk penyandang difabel antara lain kebun binatang Gembira Loka, Benteng Vredeburg, Malioboro, Keraton, Taman Pelangi Monjali, Taman Pintar, dan Pantai Slili Gunung Kidul.

Salah satu destinasi wisata yang memiliki fasilitas ramah untuk penyandang difabel yang cukup lengkap yaitu Museum Benteng Vredeburg. Di museum ini sudah dilengkapi dengan guiding block untuk tunanetra dan jalur khusus bagi penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda.

Selain Benteng Vredeburg, Taman Pintar juga menjadi salah satu destinasi wisata Yogyakarta yang sudah memiliki fasilitas ramah untuk difabel seperti toilet khusus difabel dan ramp. Pengelola Taman Pintar bahkan menggratiskan tiket masuk bagi pelajar yang difabel, lho. Keren, kan?

2. Malang

Kota Malang juga mendapat predikat sebagai kota yang ramah dengan penyandang difabel karena sudah banyak tersedia fasilitas khusus bagi teman-teman yang memiliki keterbatasan fisik. Fasilitas ini bisa ditemukan di tempat-tempat publik dan destinasi wisata.

Destinasi wisata di Malang yang sudah dilengkapi dengan fasilitas untuk penyandang disabilitas antara lain Batu Secret Zoo Jatim Park 2, Museum Angkut, Taman Wisata Pinus Bendosari, dan Batu Night Spectacular.

Sebagai salah satu destinasi wisata favorit wisatawan, Museum Angkut sudah dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang ramah bagi penyandang difabel seperti jalur khusus kursi roda, lift, dan toilet khusus difabel.

Selain Museum Angkut, fasilitas ramah untuk teman-teman penyandang difabel juga bisa kamu temukan di Jatim Park 2 seperti akses jalan khusus kursi roda dan toilet difabel. Tempat wisata ini juga memberikan layanan peminjaman kursi roda secara gratis bagi pengunjung yang membutuhkan.

3. Jakarta

Dengan mengusung konsep Smart City, Jakarta sebagai ibukota Indonesia juga dinobatkan menjadi salah satu kota yang ramah untuk penyandang disabilitas, lho. Berbagai tempat umum dan lokasi wisata di Jakarta sudah dilengkapi dengan fasilitas yang ramah bagi difabel.

Salah satu lokasi wisata yang sudah memiliki fasilitas khusus difabel yaitu Monas atau Monumen Nasional. Lokasi wisata ini sudah dilengkapi dengan ramp, toilet khusus difabel, dan jalur khusus pengguna kursi roda.

Selain itu, lokasi wisata satu ini juga sudah menyediakan lift khusus bagi teman-teman penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda. Di dalam lift juga sudah ada petugas yang siap membantu wisatawan difabel.

Selain itu, Masjid Istiqlal sebagai salah satu tujuan wisata religi di Jakarta juga sudah memiliki beberapa fasilitas yang ramah untuk difabel. Salah satunya yaitu lift khusus untuk memudahkan akses naik dan turun para wisatawan difabel yang ingin melaksanakan ibadah sholat.

4. Bandung

Peluncuran bus ramah penyandang difabel yang dilakukan pada tahun 2019 lalu menjadi salah satu sinyal bahwa Bandung siap menjadi kota yang ramah untuk kaum difabel. Fasilitas ramah difabel bisa kamu temukan dengan mudah di tempat publik dan lokasi wisata yang ada di Bandung, lho.

Tempat wisata di Bandung yang sudah memiliki fasilitas yang ramah untuk penyandang difabel antara lain Babakan Siliwangi, Fairy Garden, dan Taman Inklusi. Fairy Garden merupakan taman edukasi di Kabupaten Bandung sudah menyediakan ramp, toilet, dan gerbang masuk khusus untuk difabel.

Dengan hadirnya fasilitas ramah untuk difabel, wisatawan dengan keterbatasan fisik tetap bisa menikmati liburan dengan nyaman dan aman. Selain itu, keberadaan fasilitas ini juga akan memudahkan akses dan aktivitas teman-teman penyandang disabilitas di lokasi wisata.